7 Pemicu Rasa Menunda-Nunda & Teknik Sederhana Mengatasinya

Recap : Kita menuda saat ada tugas yang membosankan, bikin frustasi, susah, bikin ambigu, rumit, kurang terlalu berarti, gak ada untungnya dalam waktu dekat. Dengan “teknik membalik” REVERSE TECHNIQUE , kita akan menyadari pemicu apa saja yg membuat kita menunda kemudian mengatasinya.

Kebiasaan menunda-nunda, mungkin bagi sebagian orang adalah topik yg menarik dan cukup menarik juga melihat sains di belakangnya. Sebuah penelitian menunjukan ada tujuh hal yang menyebabkan kita menunda-nunda suatu tugas.

Kita akan SANGAT INGIN untuk menunda sebuah hal yang sangat perlu di kerjakan/ tugas yang memiliki PARAMETER atau pemicu seperti tugas yang :

  1. Membosankan (contohnya membersihkan rumah/membuat laporan keuangan diri/usaha/pajak)
  2. Membuat Frustasi (cthnya : mempelajari suatu skill yg rumit seperti pemrograman)
  3. Sulit (cthnya : mengerjakan soal matematika seperti kalkulus/aljabar)
  4. Ambigu (cthnya : latihan lari marathon ber KM-KM)
  5. Tidak terstruktur (cth: melakukan renovasi rumah)
  6. Tidak memberikan hasil instan (cth: membuat laporan 50 halaman)
  7. Kurang bermakna (cth  membersihkan ruangan di kantor)

Semakin banyak paramater diatas dalam sebuat tugas, semakin besar kemalasan kita untuk menunda.

Pada tulisan kali ini,  saya ingin berbagi bagaimana teknik membalik PARAMETER di atas sehingga kita dapat menggunakan sains yg melatar belakangi kebiasaan menunda, untuk keperluan kita. Ada beberapa cara dalam “teknik membalik” REVERSE TECHNIQUE ini tergantung dari parameter yang dimiliki sebuah tugas. Sebagai contoh, kita dapat :

  1. Membuat rencana sederhana dengan membuat tugas yg MEMBOSANkan menjadi lebih menyenangkan (misalkan saat membersihkan rumah seraya mendengarkan musik kesukaan yg menaikan semangat),
  2. Tentukan batasan waktu untuk tugas yang membuat FRUSTASI (misalkan membuat situasi seperti game, memperlajari bahasa pemrogram dalam waktu 30 menit paham g paham yg penting 30 menit misalkan dari 10 bab buku, 30 menit brp bab yg bisa dipelajari)
  3. Bekerjasama dengan seseorang untuk tugas yang SULIT, sehingga kita ada yang mendukung ketika melakukan tugas tersebut. (cth misalkan kita lagi mengerjakan kalkulus,cari gurunya atau teman yg lebih pintar, bayar)/ngeGYM dengan cara bayar Personal Trainer/PT)
  4. Buat rencana untuk tugas yang bikin ambigu atau tidak tersetruktur (misalkan habiskan waktu 30 menit untuk berpikir dan membuat rencanan urutan bagian rumah yang ingin di renovasi)
  5. BerI hadiah diri sendiri untuk tugas yang tidak ada hasil instan. (cth : membeli makanan mahal yg kita suka/ ES KRIM 3 bungkus ketika selesai mengerjakan tugas membuat laporan 50 halaman)
  6. Menulis jurnal terkait tugas yang kurang berarti agar JIWA & PIKIRAN kita konek lebih dalam dengan tujuan hidup yg kita miliki. (cth : menulis di buku (jurnal) terkait alasan kita membersihkan area tempat kerja , yang berdampak membuat kita lebih TENANG dan SENANG saat kita bekerja nantinya)

Penundaan adalah fenomena semua manusia di dunia. Ketika kamu menyadari diri tengah ingin menunda mengerkan suatu tugas, hadirkanlah kesadaran tentang PARAMETER apa yg tengah memicu rasa menunda dan atasi dengan kombinasi reverse technique. Setelah praktek, sadar nggak sadar, pada akhirnya,  kamu akan terkejut dengan hasil yg akan di dapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *